Direktori Bisnis Indonesia

Blog Direktori Bisnis Indonesia

Pahami Manfaat Berkebun untuk Anak-anak

Pahami Manfaat Berkebun untuk Anak-anak

Saat ini berkebun sudah banyak digemari khalayak luas. Melatih kegiatan satu ini kepada anak dapat memberi banyak manfaat guna menunjang kinerja otak. Selain itu hal tersebut juga bisa menjadi solusi terbaik untuk mengalihkan mereka pada kecanduan gadget.

Manfaat Berkebun untuk Anak-anak

Dewasa ini anak-anak lebih sering memegang gadget untuk hal yang kurang bermanfaat, bahkan membahayakan bagi kelangsungan psikologisnya. Bagi orang tua tentu hal tersebut menjadi masalah, untuk itu Anda perlu membiasakan anak berkebun sejak dini, berikut manfaatnya:

  1.     Mengusir Rasa Jenuh dan Stres

Saat anak merasa bosan dengan kegiatan sehari-harinya yang cenderung menguras tenaga dan pikiran, berkebun bisa membuat lebih rileks. Hal tersebut karena efek segar yang dimunculkannya.

  1.     Menjaga Kesehatan Otak

Hal tersebut karena tubuh aktif bergerak, selain itu dengan berkebun kreativitas akan meningkat karena memikirkan konsep tatanan yang tepat agar terlihat rapi dan indah dipandang.

  1.     Belajar Tanggung Jawab

Sama halnya dengan merawat hewan, saat berkebun anak akan dituntut untuk menjaga kesehatan tanaman, dengan cara menyiram secara rutin, memberi pupuk, membasmi hama, dan sebagainya.

  1.     Menumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Alam

Hidup di bumi tentu peran antara manusia dengan makhluk lainnya harus seimbang, untuk itu perlu adanya penanaman cinta terhadap lingkungan sejak dini dengan cara sederhana yakni salah satunya adalah berkebun.

  1.     Mendidik untuk Hidup Sehat

Yakni dengan cara mengenakan buah dan sayur, menggunakan bantuan pupuk kompos sehingga tidak ada campuran bahan kimia berbahaya.

  1.     Mengasah Kemampuan Motorik

Hampir semua kegiatan berkebun menuntut tubuh untuk bergerak secara signifikan, sehingga tanpa sadar motorik halus pada anak terlatih dengan sendirinya.

  1.     Menyehatkan

Tubuh yang rutin digerakkan tentu akan jauh lebih sehat, saat berkebun terdapat banyak aktivitas fisik seperti menyiram tanaman, menyiangi benalu, memotong bagian yang tidak perlu, menggemburkan tanah, dan sebagainya.

Berkebun memiliki banyak keuntungan bagi anak, orang tua dapat memanfaatkan kegiatan tersebut sebagai pengalihan ketergantungan pada gadget. Anda bisa mendapatkan informasi menarik lainnya berkebun.co.id.